Bimbingan Teknis Penulisan Soal Ujian yang Bermutu dan Berstandar Nasional

Foto untuk : Bimbingan Teknis Penulisan Soal Ujian yang Bermutu dan Berstandar Nasional

Menyongsong ujian madrasah nanti, dengan petunjuk dan teknis yang sudah menjadi kebijakan pemerintah, pihak madrasah perlu besiap-siap dalam menanggapi hal tersebut. Seperti yang dilakukan oleh bapak Edi Junaedi, salah satu pembina dan pengawas madrasah di wilayah Kabupaten Karawang.

Bersama dengan pihak madrasah yang menjadi binaan dan pengawasannya, bapak Edi menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penulisan soal try out dan ujian madrasah. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 2 hari. Dimulai pada sabtu (16/2/2020) hingga minggu (17/2/2020).

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-I`anah selaku tuan rumah penyelenggara, sangat mendukung dan ikut serta bersama-sama mensukseskan kegiatan tersebut. Dengan harapan, nantinya ujian madrasah bisa lebih kompeten dan berdedikasi. Serta, bergotong royong mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan di tingkatan MI.

Benih kompeten dan dedikasi yang baik tersebut, bisa terlihat dari jumlah perwakilan madrasah yang menghadiri kegiatan bimtek. Sebanyak 41 guru madrasah yang berasal dari 12 pihak madrasah telah hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut bapak Edi, dengan jumlah kehadiran tersebut, bisa dikalkulasikan 98% madrasah yang dibina dan diawasinya telah ikut serta.

Dalam kegiatan bimtek tersebut, guru-guru MI Al-I`anah dan guru-guru dari madrasah lainnya diberikan materi bimbingan teknis oleh ibu Ai Rahmah Musyaropah. Sebagai pemateri, sepak terjang ibu Ai Rahmah atau biasa dipanggil ibu Ai, dalam dunia pendidikan, terutama di bidang kepenulisan soal, begitu mumpuni dan berpengalaman.

Bisa diketahui dari beberapa pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pernah ibu Ai ikuti, di antaranya diklat penilaian balai diklat keagamaan Bandung tahun 2011 dan pelatihan penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kementerian Agama (kemenag) tahun 2019.

Selain itu, pengalamannya di bidang kepenulisan soal, ibu Ai pernah ikut andil sebagai penyusun naskah soal Kabupaten Ciamis sejak tahun 2007 hingga sekarang, penyusun naskah soal Provinsi Jawa Barat tahun 2016 hingga tahun 2019 dan editor naskah soal Provinsi Jawa Barat tahun 2017 hingga tahun 2019.

Kepala kemenag Kabupaten Karawang, bapak Sopian, juga menyempatkan diri untuk hadir. Dalam kesempatannya tersebut, bapak Sopian, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh bapak Edi beserta pihak madrasah binaan dan pengawasan bapak Edi.

“Soal-soal yang nantinya akan kita tulis itu, semuanya yang sudah pernah kita berikan dan ajarkan oleh kita. Insya Allah, akan bermanfaat.” tutur bapak Sopian, di beberapa selingan sambutannya. Dengan artian lain, setiap guru madrasah punya tanggung jawab yang sama dalam kepenulisan soal yang baik, benar, bermutu dan berstandar nasional.    

Dari penyelenggaraan kegiatan bimtek, masing-masing pihak madrasah bisa saling bekerja sama dalam menunaikan tanggung jawab tersebut. Supaya, peserta didik yang akan mengerjakan soal-soal ujian, nantinya mudah memahami soal yang ada dan mengaplikasikan materi pembelajaran yang sudah diajarkan.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas