Tenaga Listrik dari Polisi Tidur

Foto untuk : Tenaga Listrik dari Polisi Tidur

Nama polisi tidur yang mampu menghasilkan energi listrik tersebut bernama POTRET atau nama lengkapnya Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan. Karya teknologi yang bergairah inovasi tersebut diciptakan oleh beberapa anggota mahasiswa Teknik Elektro dari Universitas Brawijaya, Malang. Karya yang patut diperhitungkan untuk diterapkan di Indonesia.

Bisa dikatakan begitu, karena keberadaan polisi tidur yang ada di jalanan Indonesia cukup sering ditemukan. Bahkan, jumlahnya tidak bisa diketahui secara pasti. Disamping itu, penerapannya bisa disebut penuh kontradiksi. Di satu sisi dapat mengurangi tindakan pengendara yang kebut-kebutan, di sisi yang lain dapat membuat pengendara lainnya tidak merasa nyaman ketika berkendaraan.

Walaupun begitu, tetap saja penerapan polisi tidur di beberapa jalan Indonesia sudah menjadi hal  yang lumrah. Menyikapi hal tersebut, sangat perlu diambil jalan penengahnya. Dalam artian, polisi tidur mampu membantu dan memberikan manfaat yang nyata. Dengan adanya POTRET, bisa menjadi salah satu solusinya.

Seperti yang dilansir dari Tirto.id, Doni Darmawan Putra, salah satu anggota tim penggagas POTRET, mengungkapkan bahwa alat POTRET dasarnya memanfaatkan perubahan energi potensial pegas yang diletakkan di bawah polisi tidur. Dari tekanan kendaraan yang melintas diubah menjadi energi kinetik yang nantinya memutar rotor dari generator DC.

Nantinya, rangkaian tersebut dikolektifkan dengan ACCU. Dengan begitu, akan timbul aliran arus listrik yang perlahan-lahan mengisi tegangan pada ACCU. Lalu, aliran yang sudah tersimpan pada ACCU akan dimanfaatkan sebagai aliran listrik yang menerangi penerangan jalan saat malam hari atau keperluan lainnya, tambah Doni.

Untuk merancang POTRET, para tim menganjurkan, jalanan yang akan dipasang POTRET untuk dilubangi terlebih dahulu. Hal tersebut diperlukan untuk menyimpan mesin ataupun alat keperluan POTRET. Dengan komposisi alat yang diperlukan dalam POTRET, total biaya untuk menerapkan satu POTRET di sebuah jalan sekitar 4 juta rupiah, tutur Doni seperti yang dilansir oleh Tirto.id.     

Sumber bacaan dan foto:

https://tirto.id/memberdayakan-polisi-tidur-menjadi-penghasil-listrik-84T

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/05/15/7-inovasi-teknologi

https://www.merdeka.com/peristiwa/begini-cara-kerja-polisi-tidur-penghasil-listrik-temuan-mahasiswa-ub.html

https://malang.merdeka.com/kabar-malang/polisi-tidur-hasilkan-listrik-ini-cara-kerjanya-160812m.html

https://malangvoice.com/di-tangan-mahasiswa-ini-polisi-tidur-bisa-jadi-pembangkit-listrik/

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas