Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020

Foto untuk : Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020

Pelestarian tumbuhan dan satwa selalu menjadi perhatian penting di setiap negara, termasuk Indonesia. Karakteristik daerah yang berbeda juga, menjadi salah satu hal yang cukup menjadi konsentrasi bagi keberlangsungan hidup dan kembang biak tumbuhan dan satwa. Manusia yang juga punya peran di dalamnya, patut ikut serta.

Maraknya pembalakan liar, perdagangan tumbuhan serta satwa illegal, pengolahan lahan yang tidak tepat dan hal hal lainnya yang merugikan dianggap terus ada dan ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Dari hal tersebutlah, beberapa kalangan perlu mengambil sikap dan ketegasan.

Dilandasi oleh Keputusan Presiden (Keppres) nomor 4 tahun 1993 tentang satwa dan bunga. Di dalamnya tercatat beberapa puspa (bunga) dan satwa Indonesia yang harus dilindungi dan dilestarikan keberadaannya. Diantaranya yaitu Komodo, Ikan Siluk Merah, Elang Jawa, Melati, Anggrek bulan dan Padma Raksasa.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan begitu harus ikut andil sekaligus amanah wajib yang harus diemban. Begitu pula dengan masyarakatnya. Tanggal 5 November yang dijadikan sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa, menjadi momentum penting untuk mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem puspa dan satwa di Indonesia.

Selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas