Hari Tani Nasional 2020

Foto untuk : Hari Tani Nasional 2020

Diperingatinya tanggal 24 September sebagai Hari Tani Nasional sudah tertuang dalam sebuah Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) nomor 169 tahun 1963. Di samping itu, hal mendasar dipilihnya tanggal 24 September sebagai Hari Tani Naional pada Keppres tersebut yaitu  bertepatan dengan telah disahkannya Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria atau disingkat UUPA 1960, pada tanggal 24 September 1960 silam.

Pengesahan UU tersebut merupakan hasil perjalanan panjang dalam memperjuangkan hak-hak tani, yang melingkupi beberapa bidang di dalamnya. Hingga kini, nilai-nilai yang terkandung pada UU tersebut masih dikawal dan dipertahankan esensinya sebagai upaya ikut sertanya para petani menjaga ketahanan pangan nasional.

Dalam peringatan hari tani nasional tahun 2020 kali ini, Serikat Petani Indonesia mengusung tema: Meneguhkan Reforma Agraria untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan. Gaungan tema yang mengandung harapan besar dalam memperbaiki sektor pertanian nasional dari segi fasilitas yang mendukung, hukum yang memayungi dan pemasaran yang efektif.

Selamat Hari Tani Nasional.

24 September 2020.

 

Sumber gambar: Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas