Hari Sastra Indonesia 2020

Foto untuk : Hari Sastra Indonesia 2020

Kesusastraan atau sastra beserta karya sastra di dalamnya merupakan salah satu identitas yang berharga dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia. Peradaban demi peradaban telah dilalui dari masa ke masa. Bahkan, di beberapa masa peradaban jauh sebelum kemerdekaan yang telah lekang pun, beberapa di antaranya meninggalkan jejak peradaban berupa tulisan-tulisan.

Beberapa tulisan tersebut ada yang tertulis di sebuah pahatan batu atau prasasti, kulit kayu dan media lainnya. Walaupun jaraknya bisa dikatakan cukup jauh dari peradaban ketika kemerdekaan dan hingga kini. Tetapi, perlu diingat hal tersebut jugalah yang telah menyatu menjadi bagian dari menguntainya benang peradaban Indonesia hingga sekarang.

Penentuan tanggal 3 Juli sebagai Hari Sastra Indonesia bisa dikatakan cukup muda dan belum ada keterangan resmi dari negara perihal penetapannya. Dipilihnya tanggal tersebut, di latar belakangi oleh tanggal kelahiran Bapak Abdoel Moeis, salah seorang pahlawan nasional pertama yang diangkat oleh Bapak Presiden Soekarno.

Ketika masa hidupnya, Bapak Abdoel Moeis, sudah berkiprah di bidang kewartaan, kesusastraan dan politik. Di beberapa kesempatan Bapak Abdoel Moeis juga sempat menulis sebuah novel yang berjudul Salah Asuhan. Novel tersebut merupakan novel perdananya yang diterbitkan oleh penerbit Balai Pustaka di tahun 1928.

Hingga kini, perkembangan demi perkembangan karya sastra terus bergulir. Tidak hanya berkembang dalam skala penerbitannya saja, tetapi juga tema yang dibahas, sudut pandang yang dituangkan, diksi yang diterapkan dan unsur-unsur lainnya dalam sebuah karya sastra. Di samping mengamini hal tersebut, mari gelorakan sastra serta karya sastra sebagai salah satu identitas peradaban yang dimiliki Indonesia.

Sumber bacaan dan gambar:

https://indonesiaproud.wordpress.com/2011/05/03/naskah-melayu-tertua-dunia-di-desa-tanjung-tanah-kerinci/

https://www.antaranews.com/berita/365076/hari-lahir-abdoel-moeis-jadi-hari-sastra-indonsia

http://sastra-indonesia.com/2018/01/hari-sastra-nasional-dilihat-secara-sosiologis/

https://historia.id/kultur/articles/abdoel-moeis-dan-hari-sastra-indonesia-DW53P

https://www.instagram.com/p/CCKE_h5nNAX/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/pt_balaipustaka/?hl=id

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas