Hari Pramuka 2020

Foto untuk : Hari Pramuka 2020

Penganugrahan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional pernah diberikan oleh Bapak Soekarno, sebagai Presiden kala itu, kepada Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) pada tanggal 14 Agustus 1961. Setelah itu, pada setiap tanggal tersebut, diperingati sebagai Hari Pramuka.

Hal tersebut pula menandakan bahwasanya kepercayaan negara terhadap Gerakan Pramuka diharapkan menyanggupi untuk turut serta mendidik anak dan pemuda Indonesia, beserta dengan pendidikan lingkungan keluarga dan sekolah.

Momentum tersebut juga dipertegas oleh negara dalam sebuah Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia, nomor 448 tahun 1961 yang didalamnya memutuskan untuk menjadikan panji tersebut sebagai lambang perjuangan dan terus dipertahankan kemuliannya dalam situasi apapun.

Dalam peringatan yang ke 59, Hari Pramuka tahun 2020 mengusung tema Terdepan Bergerak. Diusungnya tema tersebut, berkaitan erat dengan ikut sertanya Gerakan Pramuka dalam berkontribusi menanggulangi bencana Covid-19 dan terus membela negara secara bersama-sama.

Tidak hanya mengusung tema, ada juga logo Hari Pramuka yang ke 59, yang menyerupai bentuk perisai/tameng, terinspirasi dari logo Dirgahayu Republik Indonesia (RI) yang ke 75.

Selamat Pagi! Pagi!
Salam Pramuka!

Sumber gambar/logo dan informasi:             

https://www.pramuka.id/cerita-di-balik-logo-hari-pramuka-2020/

https://www.pramuka.id/tentang-panji-gerakan-pendidikan-kepanduan-nasional/

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas